Di Balik Merger Huya dan Douyu untuk Dominasi Pasar Streaming Game Tiongkok

Sebagai negara dengan populasi terbesar, Tiongkok selalu menjadi pasar yang menarik untuk diperhatikan, termasuk terkait industri esports. Menurut iResearch Consulting Group, pemasukan industri esports di Tiongkok pada 2019 mencapai RMB117,5 miliar (sekitar Rp258,4 triliun), naik 25% dari tahun sebelumnya. Sementara pada 2021, nilai industri esports di Tiongkok diperkirakan akan naik menjadi RMB...
Read More

Bintang Esports, Survivorship Bias, dan Potensi Masalah yang Berbaris di Belakangnya

RRQ Hoshi baru saja memenangkan gelar MPL yang ketiga setelah mengalahkan Alter Ego di babak Grand Final MPL ID Season 6. Mereka tak hanya mendapatkan hadiah uang kemenangan semata. Usaha mereka juga membuahkan kejayaan serta popularitas berkat pencapaian mereka mempertahankan gelar sebagai raja MLBB Indonesia selama 2 musim ke belakang. Melihat pemain-pemain RRQ Hoshi yang begitu sukses sebagai ...
Read More

Esports Tetap Diadu di SEA Games, Pemasukan Genshin Impact Tembus Rp1,47 Triliun

Seminggu terakhir, ada beberapa berita menarik terkait bisnis di dunia gaming dan esports. Misalnya, Game Growth Program dari Unity yang bertujuan untuk membantu developer indie meningkatkan jumlah pemain dari game buatan mereka. Selain itu, Apple juga diizinkan untuk memblokir Fortnite dari App Store. Esports Tetap Diadu di SEA Games Esports kembali ditetapkan sebagai sala...
Read More

EVOS Esports Juara Free Fire Master League, Siren Esports Juara MDL

Jika Anda adalah pembaca setia Hybrid, Anda mungkin memperhatikan ada sedikit perubahan dari cara kami menyajikan informasi-informasi. Salah satu yang cukup terasa adalah berita-berita seputar perkembangan esports yang kini digantikan oleh pembahasan-pembahasan yang lebih mendalam. Namun bukan berarti Hybrid.co.id tidak memperhatikan perkembangan esports. Kini semua berita perkembangan tersebu...
Read More

Akankah Indonesia Menjadi Kiblat Esports Mobile Dunia?

Perkembangan esports di Indonesia terbilang begitu cepat. Salah satu perubahan yang cukup terasa datang dari sisi sistem kompetisi. Sekitar tahun 2016-2017 model kompetisi liga cukup jarang ditemukan di skena esports lokal. Tanpa liga rutin, para pemain terpaksa loncat dari satu turnamen ke turnamen lain untuk bisa terus bertanding dan menyambung hidup. Tayangan esports juga terbilang kurang R...
Read More

Riot Games Umumkan Rencana Esports VALORANT di Asia Tenggara, 3 Publisher Jepang Bergabung dengan GEF

Berikut beberapa berita menarik terkait ekosistem esports dalam satu minggu belakangan. Selain pengumuman dari Riot, juga ada pengumuman dari Astralis Group tentang kerja sama barunya. Tak hanya itu, Activision Blizzard juga buka data tentang viewership dari babak final Overwatch League. Riot Games Umumkan Rekan untuk Adakan Turnamen VALORANT di Asia Tenggara Minggu ini, Riot Games mengumumkan re...
Read More

Ecommerce di Esports, Mau Apa?

Jika ditanya apa kesamaan antara ecommerce dan esports, saya akan menjawab, keduanya sama-sama menambahkan unsur “e” — electronic — pada sebuah kegiatan. Di kasus ecommerce, kegiatan tersebut adalah dagang (commerce) dan di esports, olahraga (sports). Keduanya memanfaatkan internet untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya sudah ada sebelumnya. Namun, selain itu, saya rasa, ...
Read More

Mengintip Potensi Bisnis Skin Esports Sebagai Sumber Pemasukan Baru di Ekosistem

Bulan lalu, tepatnya 24 September 2020, saya memberitakan soal wujud skin dari para tim peserta esports Rainbow Six: Siege yang tergabung dalam program R6 SHARE. Program tersebut membagi tim peserta ke dalam 3 tingkat (tier), dengan masing-masing tier menerima set skin yang berbeda. Tim yang berada di tier 1 mendapat set skin paling lengkap, mulai dari Headgear, Uniform, Weapon Skin, dan Charm ...
Read More

Tayangan Esports Terpopuler September 2020: MPL ID Season 6 Masih Bertahan

Esports Charts baru saja mengeluarkan daftar turnamen esports paling populer bulan September 2020. Kali ini, Mobile Legends Professional League Indonesia 2020 Season 6 menjadi satu-satunya esports game mobile yang masuk ke dalam daftar. Sisanya, pertandingan didominasi oleh berbagai bagian dari pertandingan esports League of Legends, mulai dari babak grup World Championship 2020, gelaran LCK Kore...
Read More

Pandemi Buat Nilai Industri Esports Turun, Genshin Impact Dapatkan US$60 Juta dari Mobile

Dalam satu minggu terakhir, ada sejumlah berita menarik terkait bisnis di industri game dan esports. Salah satunya adalah tentang Newzoo yang menurunkan perkiraan valuasi industri esports akibat pandemi. Selain itu, juga ada kabar tentang Genshin Impact, game buatan developer Tiongkok yang dengan cepat menjadi populer di tingkat internasional. Newzoo Menurunkan Perkiraan Pemasukan untuk Industri ...
Read More

Perlukah Mengadakan Turnamen Esports Khusus Perempuan?

Esports kini menjadi semakin populer. Tak hanya itu, esports juga semakin diakui sebagai olahraga. Buktinya,  esports dimasukkan ke dalam berbagai ajang olahraga bergengsi, seperti Asian Games 2018 dan SEA Games 2019. Esports bahkan dikabarkan akan masuk dalam Olimpiade. Dalam olahraga tradisional, kebanyakan kompetisi dipisahkan berdasarkan gender. Salah satu alasannya karena secara fis...
Read More

[Profile] Herry Wijaya: Kekurangan Event Esports Indonesia Ada pada Minimnya Pemahaman Fundamental Event

Event esports di Indonesia memang sudah berkembang pesat 2 tahun terakhir — meski saat ini sedang bergeser ke online karena pandemi. Kemilau lampu warna warni, kemegahan panggung bagi para atlet esports beradu kemampuan, layar lebar segede gaban, serta gemuruh teriakan para penggemar esports yang membuat atmosfir event esports terasa begitu unik dan berkesan memang sudah bias...
Read More

[Statistics] Menyambut Grand Final MPL ID S4 dengan Angka

Perhelatan esports paling dinamis di Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Professional League (MPL) Indonesia Season 4 , tidak lama lagi akan memasuki babak penentuan pada tanggal 26-27 Oktober 2019 di Tennis Indoor Stadium Gelora Bung Karno. Dari 8 tim yang mengikuti babak Regular Season selama 8 pekan (23 Agustus – 13 Oktober 2019), 6 tim dengan peringkat tertinggi berhak melanj...
Read More

[Featured] Mengulik Tantangan Stadion dan Venue Esports di Indonesia

Tahun ini, esports menjadi bahan pembicaraan hangat. Tidak heran, dengan jumlah penonton hampir mencapai satu miliar orang, esports kini menjadi industri bernilai US$1,1 miliar pada tahun ini. Namun, sebenarnya, turnamen esports besar sudah diadakan sejak beberapa tahun lalu, seperti Intel Extreme Extreme Masters yang telah diadakan sejak 2014 atau League of Legends Championship untuk Amerika Uta...
Read More

[In-Depth] Karena Passion di Esports Saja Tidak Cukup

Sejak 2018 kemarin, perputaran uang di industri esports Indonesia memang sudah mencapai miliaran Rupiah. Menurut catatan kami di Hybrid, kompetisi dengan total hadiah yang ‘hanya’ mencapai Rp1 miliar saja tidak masuk daftar 10 turnamen dengan hadiah terbesar di 2018. Gemerlap dan hingar bingar esports juga mungkin membuat banyak orang awam takjub dengan industri baru ini. Namun dem...
Read More

Mengukur Peta Pertempuran MPL ID S4 dan Dampaknya untuk Ekosistem Esports MLBB

MPL (Mobile Legends: Bang Bang Professional League) Indonesia Season 4 akhirnya mulai berjalan akhir pekan kemarin (23-25 Agustus 2019). Menariknya, ada beberapa kejutan yang terjadi di Week 1 MPL ID S4 kemarin. Selain ONIC Esports yang langsung menduduki puncak klasemen sementara, yang memang sudah diprediksi banyak orang, ada 2 tim yang berisikan banyak pemain baru yang ada di papan atas. Kedu...
Read More
33

KUALIFIKASI WORLD UNIVERSITY CYBER LEAGUE 2020 UNTUK ASIA TENGGARA TELAH DIMULAI!

Jakarta, 1 Juli 2020 – Tencent Sports menjalin kerja sama dengan Mineski Global dalam keahliannya menangani turnamen eSports kelas dunia untuk tahap kualifikasi Asia Tenggara (SEA) World University Cyber League (WUCL) 2020 yang menampilkan Clash Royale, League of Legends, and PUBG Mobile. Sekolah-sekolah dari Filipina, Indonesia, Thailand, dan Vietnam memiliki kesempatan untuk mengirim ti...
Read More
90

Persiapkan Diri, Jakarta!Saksikan 4 Tim Terbaik Bertanding di Kualifikasi Regional ONE ESPORTS Dota 2 Jakarta Invitational!

ONE Esports Dota 2 Jakarta Invitational menjadi kesempatan untuk membangkitkan kembali kejayaan Dota 2 di Indonesia. Penggemar dapat menyaksikan tim Dota 2 lokal kesayangan bersaing dengan tim Dota 2 terbaik di dunia. Sebanyak enam negara di kawasan Asia Tenggara telah berpartisipasi melewati babak kualifikasi online yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Kini tersis...
Read More
111

Targetkan Diri Menjadi Esports Organizer No. 1 di Asia, Mineski Global Akan Hadirkan Event Internasional

Menjalani tahun 2020, Mineski Global-ID semakin optimis dapat memajukan industri esports di tanah air lebih baik lagi. Melihat beberapa tahun terakhir Mineski telah berhasil menyelenggarakan turnamen yang beragam dan menggandeng perusahaan-perusahaan yang ahli dalam bidangnya seperti Game Publisher, Telco IT, hingga Unicorn. Tidak menutup kemungkinan bagi perusahaan-perusahaan lain yang memiliki v...
Read More
0

Mineski Esports Indonesia Bersama Tokopedia Resmi Gelar Indonesia Pride Weekdays Challenge (Tokopedia IPWC 2020)

Mineski Esports, salah satu organisasi Esports terbesar di Asia Tenggara semakin memperkuat posisinya di Indonesia. Kehadiran Mineski dengan misi membawa ekosistem esports Indonesia ke tahap selanjutnya ini membuka kesempatan yang lebih luas bagi para peminat esports, baik melalui kompetisi, infrastruktur, serta dukungan para gamers. Membuka awal tahun, Mineski Esports muncul dengan logo baru dan ...
Read More
201

Peringati HUT RI Ke-74, PUBG Mobile Galang Dana untuk Veteran Indonesia Melalui Rangkaian Turnamen yang Bertajuk “PUBG Mobile 74 Merdeka Dinner”

Memperingati HUT RI ke-74, PUBG Mobile menyelenggarakan acara PUBG Mobile 74 Merdeka Dinner, yang merupakan rangkaian turnamen dan penggalangan dana sebagai penghormatan untuk para veteran Indonesia yang  masih belum sejahtera. Acara ini akan melibatkan dua tim profesional PUBG Mobile, yaitu Bigetron dan EVOS. Selain itu, lebih dari 20 influencer dan 512 tim pemain PUBG Mobile juga akan berpa...
Read More
2322

Summer Challenge – Total Rush, Turnamen Auto Battler Pertama di Indonesia Besutan Tencent Games dengan Total Hadiah Rp 50 Juta

Tencent Games gelar kampanye Summer Challenge - Total Rush, turnamen Auto Battler pertama di Indonesia. Dari sekitar 5000 orang pemain yang mendaftar, sebanyak 32 pemain dengan peringkat tertinggi di leaderboard Indonesia akan bertanding memperebutkan prizepool sebesar Rp 50.000.000. Jumlah tersebut merupakan prizepool terbesar untuk permainan Auto Battler di Indonesia. Di tahun 2017 lalu, tren...
Read More
158

Di Mobile Legends Professional League Season 3, Si Cantik Listy Chan dari Evos Esports Makin Nyentrik dan Bikin Penasaran

Meskipun timnya di minggu kedua kemarin kalah saat bertemu PSG.RRQ di gelaran MPL Indonesia Season 3, Evos punya sosok menarik yang asik untuk dibahas selain Jess No Limit tentunya. Inilah Listy Chan, dara cantik pemain ke 6 Evos Divisi Mobile Legends, Listy sendiri dikenal memang pemain Mobile Legends jempolan karena pernah menjadi salah satu top global juga di Season 6. Gadis yang gemar me...
Read More
391

MET Indonesia, Pembawa Standar Baru Event Esports di Indonesia

Mineski menunjukkan keseriusannya untuk berkiprah di Indonesia sejak tahun 2017 lalu. Melalui keputusannya untuk berinvestasi sebesar 30 Milyar rupiah di pasar Indonesia, Mineski secara agresif membangun bisnisnya di Indonesia dengan lebih serius dimulai dari pembukaan kantornya di APL Tower, Jakarta Barat. Meskipun sebelumnya tersohor lewat jaringan cybercafé kelas wahid di bilangan Jak...
Read More
784

Lakukan Ekspansi ke Indonesia, Mineski Siap Kembangkan Industri Esports Lokal Menuju Kejayaan

Jakarta, 13 Desember 2018 – Mineski, salah satu organisasi esports terbesar di Asia Tenggara semakin memperkuat posisinya di Indonesia. Kehadiran Mineski dengan misi membawa ekosistem esports Indonesia ke tahap selanjutnya ini membuka kesempatan yang lebih luas bagi para peminat esports, baik melalui kompetisi, infrastruktur, serta dukungan para gamers. Saat ini, Mineski telah memiliki tiga ...
Read More

186

Pengaruh Sistem Kompetisi Berbentuk Liga ke Ekosistem Esports

Setelah 4 pekan pertandingan babak Regular Season PMPL ID 2020 Season 1 (6-29 Maret 2020) dan babak Grand Final yang digelar pada tanggal 3-5 April 2020, Bigetron RA akhirnya dinobatkan jadi sang juara; berkat performa gemilang mereka yang sangat konsisten sepanjang musim. Berikut adalah hasil akhir perolehan poin 3 tim teratas di hari ketiga babak Grand Final, beserta hadiah yang berhak mereka da...
Read More
155

MOBILE LEGENDS: BANG BANG MAJUKAN INDUSTRI ESPORTS ASIA TENGGARA DENGAN MEMPERKENALKAN MODEL LIGA WARALABA PERTAMA

Mobile Legends: Bang Bang Professional League - Indonesia (MPL - ID) kembali digelar untuk Musim Keempat. Kali ini penyelenggara mengadopsi model liga waralaba menjadikan MPL - ID kompetisi esports pertama di Asia Tenggara dengan model ini. Model liga ini bertujuan untuk membangun keamanan finansial untuk tim dan pemain sekaligus menerapkan struktur sistematis dalam indust...
Read More
166

Registrasi PUBG SEA Championship Season 2: Indonesia Qualifier Telah Dibuka

Raih hadiah lebih dari USD 100,000 dan kesempatan untuk melaju ke MET Asia Series: PUBG Classic!   Jakarta, 11 Juni 2019 – Sebelum enam belas tim PlayerUnknown’s Battlegrounds terbaik di Asia berlabuh di MET Asia Series: PUBG Classic, turnamen esports ini akan melalui tahap penyisihan se-Asia Tenggara di Bangkok, Thailand pada tanggal 29 – 30 Juni 2019 dalam kompetisi ...
Read More
115

Pertarungan Sengit 8 Tim Mobile Legends Terbaik di Indonesia pada Babak Final Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia Season 3 Playoffs

Jakarta, Mei 2019 – Kompetisi mobile game paling bergengsi di Asia Tenggara, “Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia Season 3” secara resmi telah memasuki babak final. Dari babak sebelumnya, yakni babak Regular Season, telah diperoleh 8 tim terbaik yang lolos ke final yakni ONIC Esports, Aerowolf Roxy, SFI Critical, Louvre Esports, PSG.RRQ, EVOS Esports, Alter Eg...
Read More
1857

Prediksi Top 8 MPL Season 3 dari Para Ahli!

MPL Indonesia Season 3 Regular Season sudah memasuki pekan terakhirnya di bulan April nanti, tim-tim yang berlaga sudah semakin focus untuk memadukan strategi demi meraih posisi terbaik di kompetisi Mobile Legends paling bergengsi ini. Saat ini, ONIC dan SFI yang notabene di musim kemarin bukan tim unggulan, memimpin klasemen sementara di posisi 1 dan 2, sama-sama sudah bermain 9 kali, kedua ti...
Read More
6135

Turnamen Mobile Legends : Bang Bang Professional League Indonesia 3 Paruh Musim Reguler, ONIC dan SFI Critical Pimpin Peringkat Klasemen 6 Tim Saling Mengancam Peringkat Satu Sama Lain

Mobile Legends Professional League Indonesia menyajikan pertandingan para atlit esports Mobile Legends terbaik se-Indonesia setiap minggunya. Turnamen telah memasuki minggu ke-3 dari 7 minggu periode Regular Season. Pada minggu ke-3 ini klasemen sementara semakin dinamis dengan tim-tim yang saling berebut poin memanjat peringkat klasemen. Peringkat 1 hingga 6 masih bersaing ketat dengan urutan ONI...
Read More
3679

Turnamen Mobile Legends: Bang Bang Professional League – Indonesia Season 3 Telah Dimulai! Tahun ini Lebih Besar dan Spektakuler

Jakarta, 15 Januari 2019 – Mengawali 2019, dunia Esports Indonesia langsung menggeliat. Kompetisi game seluler terbesar dan juga paling bergengsi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, yakni Mobile Legends: Bang Bang Professional League – Indonesia (MPL – Indonesia), Season 3, telah dimulai. MET, organisasi pengelola turnamen Esports terbaik di Asia,  menjadi penyelenggara k...
Read More

Upload your own story


background background